Dalam era yang modern ini, tentunya banyak tekhnologi-tekhnologi yang modern dan juga berkembang. Entah tekhnologi tentang transportasi ataupun tekhnologi perihal informasi dan komunikasi. Perkembangan peradaban manusia seringkali diiringi dengan perkembangan-perkembangan lain, termasuk tekhnologi. Tekhnologi informasi dan komunikasi seringkali digunakan para masyarakat untuk berhubungan kabar satu sama lain, baik dari jarak yang dekat maupun jarak yang jauh sekalipun. Jika zaman dahulu banyak orang berkabar melalui surat-menyurat, namun pada era digital modern ini hanya cukup mengirimi via chat di sosial media yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi. Banyaknya aplikasi-aplikais yang diciptakan untuk memudahkan dalam memberikan informasi maupun untuk berkomunikasi sudah tidak jarang lagi.

Tekhnologi informasi dan komunikasi - Tekhnologi informasi dan komunikasi

Bahkan, kini aplikasi-aplikasi sudah dikembangkan dan tentunya memiliki fitur-fitur terbaru, seperti video-call. Tekhnologi dalam indormasi dan berkomunikasi kini sudah tidak dapat diragukan lagi. Karena, banyak nya pengusaha-pengusaha maupun industri-industri yang turut mengembangkan agar terus memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi. Tekhnologi informasi serta tekhnologi komunikasi merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang tekhnologi informasi dan komunikasi, yuk perhatikan berikut ini!

Sejarah adanya tekhnologi informasi dan komunikasi

Pada temuan telepon oleh alexander Graham Bell tahun 1875 ialah asal mula diciptakannya media untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Pada saat memasuki abad ke 20, tepatnya sekitar tahun 1910-1920, terwujudlah sebuah media tanpa kabel melalui sebuah siaran dalam radio AM yang pertama diciptakan. Media komunikasi tanpa kabel inipun kemudia semakin dikembangkan dan terus diperbarui. Kamudian, diikuti pula sebuah transmisi media informasi audio-visual yang tidak menggunakan kabel, yang telah berwujud siaran-siaran dalam televisi pada tahun 1940 an. Dan kemudian setelah diciptakannya sebuah televisi, komputer elektronik pertama yang telah beroperasi sekitar tahun 1943 an. Setelah di adakannya komputer elektronik, kemudia diikuti oleh tahapan-tahapan dalam miniaturisasi komponen-komponen elektronik melalui sebuah transistor sekitar tahun 1947-an dan rangkaian terpadu sekitar tahun 1957-an.

Semakin pesatnya perkembangan tekhnologi elektronik ini yang merupakan salah satu cikal bakal di ciptakannya tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK). Hingga kini, persaingan IPTEK antara blok barat Amerika Serikat dengan blok timur Uni Soviet. Justru sangat memacu terhadap perkembangan-perkembangan tekhnologi elektronika dengan upaya miniaturisasi rangkaian elektronik.

Manfaat tekhnologi informasi dan komunikasi

Tentunya, terhadap perkembangan-perkembangan yang di adakannya tekhnologi informasi serta komunikasi memiliki berbagai macam manfaat. Selain untuk memudahkan para masyarakat dunia berbagi informasi dan berkomunikasi, nyatanya TIK juga mempunyai banyak manfaat, antara lain:

  1. Informasi yang dibutuhkan akan sangat mudah di akses dan sangat cepat di publikasikan, terutama untuk kepentingan pendidikan yang sangat penting.
  2. Bisa berkonsultasi dengan pakar, melakukan konsultasi terhadap ahli dalam suatu bidang dapat dengan mudah kamu lakukan tanpa harus bepergian jauh.
  3. Perpustakaan online, jika kamu sangat menyukai baca buku, perpustakaan online ini dapat kamu gunakan. Jadi, kamu tidak perlu bepergian untuk membaca buku ke perpustakaan. Perpustakaan online ini digunakan berbentuk digital.
  4. Diskusi online. Jika kamu ingin melakukan sebuah diskusi baik untuk pelajaran sekolah ataupu kepentingan kerjaan, diskusi online ini sangat bisa digunakan bagi kamu yang suka berdiskusi tanpa harus menemui satu sama lain. Diskusi online ini dapat digunakan melalu internet.
  5. Inovasi terhadap pendidikan, ialah E-Learning. Dengan diadakannya sebuab inovasi pendidikan dari sebuah tekhnologi, akan lebih memudahkan mu untuk mengerti perihal hal-hal yang akan di ajarkan di dalam sebuah pendidikan.
  6. Sistem administrasi online, kamu pasti membutuhkan administrasi jika ingin mendaftarkan sesuatu. Dengan diadakannya administrasi online ini, akan memudahkan mu melakukan administrasi.

Komponen sistem tekhnologi informasi dan tekhnologi komunikasi

Tekhnologi informasi dan komunikasi seringkali dikembangkan dengan berbagai macam bentuk dan program. TIK ini dari zaman ke zaman kian meningkat pesat. Suatu sistem tekhnologi informasi bukan semata-mata berisi tentang fisik, layaknya komputer dan printer. Tetapi TIK juga memiliki piranti-piranti lunak yang lebih penting. Namun, tahukah kamu bahwa komponen terhadap TIK ada 3 macam, antara lain:

  1. Perangkat keras (hardware)
  2. Perangkat lunak (software)
  3. Manusia (brainware)

Nah, itu dia kilasan-kilasan tentang tekhnologi informasi dan komunikasi yang belum kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!