Kebakaran – Bencana Alam atau juga terjadi karena faktor ketidaksengajaan biasanya memicu suatu hal yang membahayakan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Apalagi dalam bencana seperti kebakaran, dpat menimbulkan bahaya yang sangat besar. Di Indonesia sendiri kebakaran pun sudah sering terjadi, entah faktor alamiah ataupun ketidaksengajaan dari sebuah keteledoran manusia. Beberapa faktor biasanya meliputi kejadian kebakaran ini. banyak kasus mengenai; kebakaran hutan karena musim kemarau berkepanjangan, tabung gas yang tiba-tiba meledak, pabrik yang terbakar akibat kelalaian dari staf produksi pabrik tersebut, kebakaran di SPBU di karenakan ulah manusia yang melanggar aturan, dan masih banyak lagi kasus-kasus kebakaran yang sering kita temui.

Langkah Berikut Ini Bisa Membantu Keluar Dari Kebakaran - Langkah Berikut Ini Bisa Membantu Keluar Dari Kebakaran

Sebagian orang yang mengalami kejadian ini biasanya panik dan berusaha untuk buru-buru keluar dari kobaran api tersebut dengan cara-cara yang salah, dan justru cara yang di gunakan bisa membahayakan dirinya sendiri. Sebelum kalian tuntas membaca mengenai langkah terhindar dari yang namanya bahaya kebakaran, saran kami lebih baik tempat kerja ataupun rumah kalian dipasang alat seperti pendeteksi asap ( Smoke Detector) serta menyiapkan beberapa alat pemadam api yang ringan di gunakan sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Kebakaran

Ada beberapa langkah yang bisa kalian pelajari dan nantinya bisa kalian gunakan jika kalian terjebak dalam bencana kebakaran ini.

Jangan Panik Karena Situasi

Sebisa mungkin kalian harus menjadi sikap anda menjadi tenang dan jangan mudah panik agar konsentrasi atau kesadaran yang kalian miliki tidak akan buyar kemana-mana. Ketenangan ini harus kalian miliki agar nanti ketika kalian terjebak dalam kondisi seperti ini kalian bisa berfikiran dengan jernih , dengan tepat dan juga cepat bertindak dengan baik serta benar.

Gesit Dalam Segala Reaksi

Jika kalian mendatangi suatu tempat seperti Kantor, Rumah Saudara, Mall dll, kemudian terdengar suara alarm mengenai smoke detector bergegaslah kalian untuk memberitahukannya kepada orang lain agar bergegas untuk menyelamatkan diri dengan cara berhati-hati. Jika tidak ingin terlambat jangan dibiasakan terjadi percikan api baru memberitahu kepada yang lainnya.

Gunakan Tangga Darurat

Jika kalian sedang berada di kantor atau pusat perbelanjaan manapun, kalian jangan sesekali untuk menggunakan lift, karena saat keadaan genting seperti ini, lift bisa saja mudah mati atau tidak bekerja secara fungsional. Maka dari itu tangga darurat menjadi salah satu jalur evakuasi yang bisa kalian gunakan.

Keluar Dari Tempat Tersebut

Untuk hal ini pasti sudah kalian pikirkan juga, namun terkadang masih bingung bagaimana keluar dengan baik saat sedang terjadi kebakaran tersebut. Biasanya kebakaran terjadi menimbulkan asap yang makin lama kian tinggi keberadaanya. Maka dari itu, jika kalian ingin keluar dari tempat kebakaran itu dengan cara “ Rendahkanlah badan kalian atau bungkukanlah badan kalian, kemudian tutuplah hidung serta mulut kalian menggunakan kain basah. Mengapa demikian ? agar kiranya kain basah ini bisa menyaring udara yang kita hirup dari faktor barang-barang yang ada di sekitar kita yang semuanya berubah menjadi asap dan juga debu tipis-tipis.

Jika Pakaian Terbakar Lakukan Ini

Saat kalian ingin melarikan diri keluar dari kobaran api yang sedang menyala itu, tiba-tiba baju kalian terbakar sedikit akibat api yang kalian lalui terlalu besar maka kalian bisa lakukan dengan menjatuhkan diri kalian serta bergulinglah di lantai lainnya agar bisa padam api yang ada pada pakaian kalian.

Sebisa Mungkin Buka Jendela Untuk Meminta Bantuan

Sekiranya segala macam langkah sudah kalian lakukan untuk meminimalisir kebakaran tersebut, kalian bisa langsung meminta bantuan dengan membuka jendela atau ruang lainnya yang memungkinkan orang-orang di sekitar kalian mendengar suara minta tolong dari kalian. Selagi pertolongan kalian di terima oleh tetangga atau orang terdekat dari tempat kalian, tutuplah akses lainnya menggunakan kain ataupun handuk basah yang nantinya bisa memperlambat laju api pada ruangan tersebut.

Jika kalian sudah melakukan langkah tersebut dan berhasil lolos dari kebakaran, kini waktunya kalian telpon tugas pemadam kebakaran (hubungi 113 atau 1131, bisa juga memanggil ambulan di 118 atau 119, serta bantuan polisi di 110)untuk melanjutkan tugasnya kembali untuk memulihkan keadaan kembali seperti semula.