Krisis Perekonomian – Republik Afrika Tengah atau dunia lebih mengenal dengan sebutan negara Afrika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang berada di pedalaman Afrika yang berbatasan langsung dengan ( Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik kongo, serta Kamerun ). Menurut dunia, negara ini menduduki peringkat pertama dalam krisis perekonomian serta gizi buruk. Mengapa bisa dibilang sebagai negara termiskin ? hal ini dikarenakan oleh salahnya sistem tata kelola dalam pemerintahan di negara tersebut. Tata kelola dari pemerintah di negara Afrika Tengah ini bisa dibilang tidak jelas dan sangat buruk. Selain sistem yang tidak terkelola dengan baik, korupsi besar-besaran d negara tersebut pun menjadi pemicu negara Afrika ini semakin parah dalam perekonomiannya.

Negara Termiskin Didunia Afrika Tengah Juaranya. - Negara Termiskin Didunia ? Afrika Tengah Juaranya

Inflasi-inflasi pun sering terjadi di negara ini, yang membuat dunia menduduki Afrika Tengah sebagai negara dengan tingkatan pembangunan republik yang paling rendah pada tahun 2003 silam. Selain korupsi dan juga pengelolaan pemerintahnya yang buruk, inilah beberapa faktor lainnya yang menjadikan negara ini mengalami keterpurukan dalam perekonomian.

Kemiskinan Dengan Berbagai Faktor

Dalam suatu negara pastinya akan memiliki banyak sekali faktor ataupun dampak-dampak yang terjadi pada sistem pengelolaan di pemerintahannya. Begitupula dengan negara Republik Afrika Tengah ini, banyak juga dampak yang di terima oleh masyarakat sekitar akibat kesalahan dari pengelolaan sistem tersebut. Misalnya :

  • Berdampak tinggi pada tindak kriminalitas
  • Berdampak pada pola hidup masyarakat yang mencakup mengenai kesehatan tubuh
  • Berdampak pada generasi-generasi penerus yang notabennya akan memiliki pola pikir jangka pendek.
    Selain itu faktor pendukung lainnya pun menjadi salah satu hal yang menyebabkan negara ini tidak berkembang serta terbilang buruk oleh dunia.

Faktor-Faktor Yang Mendasar

• Pemahaman Investasi Yang Kurang

Biasanya, perekonomian suatu negara di dorong dengan yang namanya Investasi. Apalagi negara Afrika Tengah ini menjadi salah satu bagian dalam lintas negara, yang artinya investasi harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Riset yang telah terjadi menunjukan presentase sebesar 8,5% menjadi angka penolakan investasi di seluruh benua yang ada, terjadi sekitar tahun 1975 silam.

• Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)

Sumber daya manusia biasanya mencakup prihal : Pendidikan serta Kesehatan. Dalam negara Afrika Tengah ini pun, masalah pendidikan serta kesehatan menjadikan salah satu masalah besar di negara tersebut. Tercatat pada tahun 1960, anak-anak yang mendiami negara tersebut hanya berkisar 42% saja yang bisa melakukan pendidikan sekolah dasar. Jumlah ini sangat kecil tentunya dibanding dengan jumlah negara-negara OECD ( Organization For Economic Coorporation & Development ) atau negara Asia Timur dengan mencakup angka 100%.

• Adanya Konflik Militer

Berbagai macam konflik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya krisis perekonomian. Di negara Afrika Tengah ini, dikatakan dari berbagai situs bahwa kurang lebih setengah abad lamanya mengalami yang namanya konflik militer. Hal inilah yang berpengaruh juga pada perkembangan dalam lembaga hukum yang berlaku, mengenai investasi pendidikan yang kurang, adanya pengurangan distorsi yang menyebabkan suatu investasi akan menajdi lebih mahal dari sebelumnya. Kalau saja masalah mengenai konflik militer ini bisa teratasi, pastinya ini akan mengurangi yang namanya pengeluaran konsumsi yang berlebih.

• Faktor Negara Penjajahan

Mungkin faktor penjajahan ini menajdi salah satu aktor penting dari terjadinya krisis perekonomian ini. Banyak yang mengatakan prihal sejarah Republik Afrika Tengah ini merupakan salah satu negara bekas jajahan dari bangsa kolonial di Perancis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kekayaan dalam sumber daya alam, yang menajdikan negara Republik Afrika Tengah ini mendapatkan tindakan pengeksploitasian oleh negara-negara lainnya hingga sampai saat ini. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya bahwa buruknya pemerintahan menjadikan ketidakstabilan politik pemicu dari penghambatan pembangunan di negara Afrika Tengah ini. Dari faktor inilah, negara Republik Afrika Tengah atau Afrika Tengah menjadi salah satu negara yang cukup memprihatinkan.

Banyak sudah berbagai negara yang membantu mengatasai berbagaimacam problem yang ada di negara tersebut. Misalnya dalam perbantuan bahan-bahan makanan untuk memperbagus gizi masyarakat disana. Namun, hal ini masih kurang untuk negara tersebut. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa membuat kalian menjadi mengerti bahwa suatu negara juga memerlukan masyarakat yang memiliki pola pikir terbuka, luas serta bisa membangun negara itu sendiri.