Polusi udara merupakan Pekerjaan Rumah (PR) bagi seluruh negara di dunia. Polusi udara kebanyakan di sebabkan gas emisi pada kendaraan maupun asap dari pabrik industri, hal itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Banyak penyakit yang timbul di akibatkan oleh polusi udara seperti asma,iritasi mata bahkan penyakit jantung dapat timbul di akibatkan polusi udara tersebut.

Di dunia ini ada beberapa kota yang mempunyai tingkat polusi udara yang terbilang parah di 2019. Polusi udara pada kota – kota ini di anggap tidak layak di huni oleh manusia, kota mana saja kah itu? simak detail nya di bawah ini.

Kota – Kota Yang Mempunyai Polusi Udara Terburuk

Puren,Chili

Kota puren yang berada pada negara ini termasuk menjadi salah satu kota dengan polusi udara terparah di dunia. Hal ini dikarenakan Puren adalah kota yang hidup dari hasil pertanian dan juga agrikultur yang di lakukan warga disana, Kemungkinan meningkatnya kadar polusi udara di puren di akibatkan eksploitasi hutan yang terjadi di kota tersebut. Bedasarkan hal yang dimuat di laman The World Air Quality Project, polusi udara pada kota puren memburuk sejak akhir bulan maret 2019.

Pada hari Kamis Tanggal 18 Juli pukul 04:00 waktu setempat, kadar PM2.5 di Puren berada pada kategori sangat tidak sehat untuk di hirup dengan angka mencapai 207. Sementara itu kadar PM10 di kota ini hanya 107. Kualitas udara yang terburuk di Puren yaitu pada bulan Mei dengan memiliki kadar PM2.5 di angka 279 dan PM10 di angka 236.

Sanmenxia,China

Data terbaru pada hari kami 18 Juli pukuk 15:00 memperlihatkan kondisi udara yang terdapat pada kon sanmenxia,china berada pada titik polusi udara yang sangat parah. Kadar Ozone di wilayah ini meningkat dengan drastis hingga menjadi 316. Padahal sebelum nya wilayah itu berada pada tingkat kadar ozone yang normal.

Untuk kadar PM2.5 dan juga PM10 bisa dibilang cukup normal, tetapi kota sanmexia di kelilingi diantar kota-kota yang mempunyai polusi udara yang tinggi, misal nya seperti kota Huixian,zona industri Xingang,Kota Xinzheng dan yang lain nya. Di lama The Worl Air Quality Project bisa dilihat kondisi polusi udara di sekeliling kota Sanmexia berwarna merah yang artinya polusi udara di tempat itu sudah tidak layak di hirup oleh manusia.

Gachsaran, Iran

Kota Gachsaran merupakan penghasil minyak dan gas tertinggi kedua di negara iran. Kota ini terkenal dikarenakan mempunyai menara minya tertinggi di iran yaitu setinggi 3.221 kaki diatas permukaan laut. Kota ini masuk kedalam daerah industri , itulah yang menyebabkan kualitas udara pada kota ini sangat parah yaitu memiliki kadar ozone PM10 yang memili angka sampai 500!

Sementara kadar PM2.5 di kota Gachsaran mempunyai angka sampai 98. Data terakhir yang di perbarui pada Kami,18 Juli pada pukul 11.00 waktu setempat, menyatakan bahwa pada bulan juli 2019 kota ini mempunyai tingkat polusi udara yang sangat buruk sehingga penduduk yang disana setiap hari nya menghirup udara yang tidak sehat bagi tubuh manusia.

Fezile Dabi, Afrika Selatan

Fezile Dabi, merupakan salah satu distrik di Afrika Selatan yang mempunyai luas 20.668 km2 rupanya wilayah ini memiliki kualitas udara yang buruk. Kadar AQI di daerah Fezile Dabi mencapai angka 506 yang sebabkan oleh polutan PM10. Sementara itu, kadar PM2.5 di wilayah ini mencapai angka 242 yang di nyatakan tidak sehat bagi tubuh manusia.

Kualitas udara pada kota Fezile Dabi mulai memburuk sejak bulan Mei 2019 dengan mempunyai kadar PM2.5  berkisar diantara 93-120. Padabulan Juli 2019 ini, kadar PM2.5 terendah ialah di angka 44 yang tercatat pada 8 Juli, sementara kadar terparah adalah di angka 222 yang tercatat pada Kamis 18 Juli. Kadar PM10 pun sangatlah buruk, kadar tertinggi berada pada angka 247 yang sangat tidak layak dihirup.

Tel Aviv, Israel

udara pada wilayah ini sangat mengkhawatirkan. Data terakhir yang di dapat pada tanggal 18 Juli pada pukul 09.00 waktu setempat. Memperlihatkan kadar nitrogen (NO2) pada wilayah ini berada pada angka 500. Wow angka yang termasuk dalam kategori bahaya dan sangat tidak aman bagi kesehatan manusia.

Kadar PM 2.5 berada pada angka 173 sedangkan Kadar PM10 kota ini di angka 128. Polusi udara yang sangat parah ini disebabkan oleh wilayah israel yang sempit dan juga mempunyai populasi manusia yang tinggi. Ada faktor lain nya juga seperti gas emisi industri maupun kendaraan bermotor.

Itulah daftar kota yang memiliki polusi udara yang sangat parah dan tidak layak di hirup apa bila kalian tidak ingin terkena penyakit, maka dari itu marilah kita mencintai lingkungan dengan menjaga nya agar tetap bersih.