Istilah akan adanya negara maju serta negara berkembang pasti sudah tidak asing lagi di dengar. Nyatanya, negara-negara di seluruh dunia dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu negara maju dan negara berkembang. Negara yang berkembang serta negara maju sangat memiliki banyak perbedaan, dari ekonomi sampat kepadatan tingkat penduduk. Biasanya, dalam negara yang maju memiliki infrastuktur yang lebih canggih dibandingkan dengan negara berkembang.

Negara-negara yang memiliki industrialisasi rendah serta pembangunan manusia yang masih rendah dapat dikategorikan dengan negara yang berkembang. Negara yang maju, ialah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Korea Selatan, Inggris, dan masih banyak lagi. Sedangkan negara yang masih berkembang, ialah Indonesia, India, Argentina, Brazil, Filiphina, dan lain-lain. Yuk disimak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang negara-negara yang maju dan berkembang!

Perbedaan antara negara maju dan negara berkembang

Pendapatan per kapita setiap negara

Pada dasarnya, didalam seluruh negara sama sekali tidak ada acuan dan defisini yang khusus untuk mengelompokkan negara-negara diberbagai negara yang maju dan berkembang. Namun, Bank Dunia telah membuat adanya pengelompokan-pengelompokan negara-negara yang ada di dunia. Berdasarkan pengelompokan yang telah dibuatnya, bank dunia telah mengelompokan semua negara-negara di dunia menjadi 4 kelompok berdasarkan dengan perkapitanya yang setiap negara memiliki berbeda-beda kapita. Kelompok pertama ialah negara yang memiliki pendapatan rendah terhadap pendapatan perkapita 975 USD atau kurang. Kelompok kedua ialah negara yang memiliki pendapatan dengan menengah kebawah dalam pendapatan perkapitanya 976-3,855 USD. Kelompok ketiga ialah negara yang memiliki pendapatan dengan menengah ke atas dalam pendapatan per kapitanya 3,856-11,905 USD. Sedangkan kelompok terakhir, atau kelompok ke empat ini ialah begara yang memiliki pendapatan tinggi dalam pendapatan per kapitanya lebih dari 11,906 USD.

Dari empat kelompok itulah, negara-negara kemudian dikelompokan menjadi 2 kelompok, yaitu negara maju dan berkembang

Tingkat pengangguran negara

Selain dilihat dari pendapatan per kapita. Tingkat pengangguran jug di hitung di berbagai negara. Ciri-ciri negara maju ialah yang mempunyai tingkat pengangguran rendah, sedangkan ciri-ciri negara berkembang ialah negara yang memiliki tingkat pengangguran tinggi. Rendahnya tingkat pengganguran terhadap negara maju yang rendah akan menimbulkan tingginya suatu ekonomi dalam suatu negra yang maju. Bahkan, ketika adanya pengangguran di negara maju, biasanya pengangguran tersebut bersifat friksional. Dengan kata lain, friksional ialah pengangguran yang berpindah tempat pekerjaan ke jenis lainnya, sehingga pengangguran di negara maju tidaklah menganggur tanpa pekerjaan. Sedangkan tingkat pengangguran di negara berkembang, sangatlah tinggi. Sehingga, akan menumbulkan rendahnya suatu ekonomi terhadap negara yang berkembang. Dan jenis pengangguran terhadap negara berkembang ialah pengangguran yang bukan lagi bersifat friksional, yang dimana para pengangguran tidak mempunyai pekerjaan dan terselubung sangat merugikan negara.

Laju pertumbuhan penduduk di negara

Ciri-ciri negara maju lainnya ialah rendahnya sebuah tingkat penduduk. Namun, di negara berkembang tingkat kependudukan berbanding terbalik dengan adanya di negara maju. Rendahnya laju pertumbuhan penduduk juga dapat dibuktikan akan rendahnya sebuah angka kelahiran dan redahnya angka kematian bayi. Kondisi inipun semakin diperkuat dengan tingginya tingkat kesadaran untuk membuat perencanaan dalam keluarga, alias menikah di usia dini. Mereka lebih memilih untuk berkarir terlebih dahulu dibandingkan merencanakan sebuah keluarga, atau menikah. Sementara, dinegara berkembang keadaan ini sangatlah berbanding terbalik dengan negara maju. Banyak yang melakukan pernikahan dalam usia dini yang dimana dampak tersebut akan sangat meninggikan tingkat kelahiran bayi dan juga tingkat kematian bayi. Kurangnya pemahaman-pemahaman terhadap negara berkembang yang menyebabkan banyaknya pernikahan usia dini. Contohnya, ialah indonesia yang memiliki tingkat pernikahan usia dini terbanyak dan memiliki peringkat kedua. Tentunya, hal tersebut sangatlah merugikan negara.

Tingkat pendidikan di negara

Masyarakat yang berada di negara maju akan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Hal ini akan ditandai dengan adanya banyak prestasi-prestasi setiap negara, serta rendahnya tingkat kebutaan aksara. Di setiap negara maju pasti masyarakatnya dapat menulis dan membaca,karna kerap diadakannya sistem pendidikan wajib gratis. Namun, keadaan ini akan sangat berbanding terbalik dengan negara yang berkembang. Banyaknya masyarakat yang tidak bisa membaca dan menulis, serta tingkat kependidikan yang masih rendah. Hal ini, tentu akan berkurangnya pemahaman-pemahaman yang diperlukan setiap masyarakat.